Kamis, 27 Oktober 2016

Cara Mempercepat Startup Komputer


Halo semua, kali ini Saya akan meng-share bagaimana sih caranya mempercepat startup komputer/laptop kita? Banyak teman-teman yang kesal dengan waktu startup yang lama, terutama jika dikejar Deadline yap Deadline. Disaat PC sangat dibutuhkan untuk nyala saat itu juga, mau tidak mau kita harus menunggu bertahun-tahun lamanya sebelum PC dapat digunakan dengan sempurna, kayak motor aja, kalo kurang lama manasinnya brebet-brebet, mungkin saking parahnya sampe lebih lama dari manasin motor kali yak wkwkwk.
Dengan trik ini bisa membuat komputer anda bisa startup lebih cepat secepat gambar roket disamping ini ha...haa.haaa


Oke langsung saja saya tunjukkan caranya memperingan startup pada komputer anda, ikuti steps dibawah ini :
1.) Klik & tahan  + R. 
Atau Start menu > Run

2.) Ketik msconfig (Seperti gambar dibawah), lalu OK

3.) Pada tab Services, klik kolom Manufacturer untuk mengurutkan nama pembuat services
4.) Disable/uncheck services yang selain Microsoft Corporation, intel, Manufacturer Laptop. Namun bila dirasa penting jangan di disable.

5.) Klik Apply
6.) Pada tab Startup, Klik Open Task Manager

7.) Akan muncul task manager, klik Kolom Startup impact untuk mengurutkan dari yang tertinggi.
8.) Disable Aplikasi yang tidak dibutuhkan, terutama yang startup impact nya tinggi, dengan cara klik kanan lalu disable.

9.) Hapus shortcut-shortcut yang tidak penting di desktop, shortcut dan file penting masukkan kedalam folder pada desktop dan sisakan 80% kosong pada desktop, dengan demikian akan memperingan startup namun ke-praktisan juga tidak terganggu. Step ini opsional, namun ini juga memberikan dampak yang cukup signifikan.
Berikut tampilan desktop saya, sangat kosong bukan? Karena saya pribadi lebih sering mengakses program melalui start menu ketimbang melalui shortcut desktop, apalagi kalo shortcutnya amburadul susunannya & berhamburan karena saya suka gonta-ganti resolusi, bukannya jadi praktis, bagi saya seperti itu malah bikin tambah pusing nyarinya wkwkwk.

Sekian,
Kresna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar